Get this Widget

Saturday 12 October 2013

Today History : Debut Boaz Bersama Timnas

Boaz Solossa, striker andalan timnas Indonesia
\

Boaz Solossa yang disebut-sebut sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Indonesia, menjalani debut bersama tim nasional senior tepat sembilan tahun silam dalam usia 18 tahun 210 hari.

Namun, debut Boaz bersama timnas Garuda tidaklah berakhir dengan kegembiraan. Bertanding menghadapi Arab Saudi di laga kualifikasi Piala Dunia 2006, Boaz gagal mengantarkan Indonesia meraih poin setelah takluk dengan skor 3-1.

Bermain di stadion Gelora Bung Karno, Indonesia mengawali pertandingan dengan buruk setelah Arab Saudi mampu unggul 2-0 secara cepat melalui gol di menit kesembilan dan 13. Rasa frustrasi tampak menghinggapi timnas Merah Putih dan memaksa Ismed Sofyan melakukan pelanggaran keras yang membuahkan kartu merah di injury time babak pertama.

Bermain dengan sepuluh pemain, Indonesia sempat bangkit setelah Ilham Djaya Kesuma memperkecil kedudukan di menit ke-49. Namun, tim tamu akhirnya menyegel kemenangan melalui gol Ahmad Al-Qahtani di menit ke-80.

Penampilan Boaz di pertandingan perdananya bersama tim Garuda cukup memuaskan meski hasil akhir masih tidak memihak. Faktor tingginya kualitas lawan dan juga bermain dengan sepuluh pemain sepanjang babak kedua, membuat Boaz masih belum bisa menampilkan performa terbaiknya.

Meski demikian, di pertandingan kualifikasi lanjutan setelah itu menghadapi Turkmenistan, satu bulan berikutnya di tempat yang sama, Boaz mampu tampil gemilang dengan menciptakan dua assist untuk membantu Indonesia menang 3-1. Sementara, gol pertama Boaz untuk Merah-Putih tercipta di ajang Piala AFF 2004, tepatnya pada 9 Desember, saat menggunduli Laos 6-0. Saat itu usia Boaz 18 tahun 268 hari.

Setelah sempat mengalami cedera parah yang membuatnya karirnya terhambat dan juga ngambek terhadap PSSI, Boaz kini mulai kembali menjadi langganan timnas dan akan berjuang untuk meloloskan Indonesia dari babak grup Piala Asia 2014.(goal.com)

No comments:

Post a Comment

Get this Widget