Get this Widget

Tuesday 13 May 2014

Hajar Tim Myanmar, Persipura Jayapura Lolos Ke Perempat Final AFC Cup Dan Ciptakan Sejarah Baru

Foday Boakai Eddie & Titus Bonai - Persipura Jayapura


Persipura Jayapura berhasil melumat tamunya Yangon United dengan skor telak 9-2 pada babak 16 besar AFC Cup 2014 di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (13/5). Dengan hasil ini, tim Mutiara Hitam berhasil lolos ke babak perempat-final. Mengingat, pada babak ini hanya ditentukan dalam satu laga siapa yang akan lolos ke babak selanjutnya.

Sementara itu, pada laga tersebut Boakay Edi Foday tampil sebagai bintang dengan memborong lima gol kemenangan tim tuan rumah pada menit ketiga, 23, 41, 43, dan 87. Empat gol lainnya dilesakkan Yustinus Pae (10), Ian Kabes (28, penalti dan 53), serta Titus Bonai (57). Sedangkan dua gol Yangon diciptakan Cezar Augusto (17) dan Kyaw Ko Ko (21).

Di sisi lain, laga ini menciptakan beberapa rekor baru. Pertama, ini adalah salah satu kemenangan terbesar di ajang AFC Cup, dan belum pernah ada tim yang bisa mencetak sembilan gol dalam satu laga sekaligus. Selanjutnya, total gol yang tercipta pada laga ini (11 gol) adalah yang terbanyak, menyamai rekor Sun Hei versus Hoa Phat Hanoi (7-4) yang terjadi tujuh tahun silam.

Selain itu, Eddie Boakay Foday juga menjadi pemain pertama yang mencetak lima gol dalam satu laga di AFC Cup. Sebelumnya, saat masih memperkuat Persiwa Wamena, Foday juga pernah mencetak dua gol di AFC Cup 2010.

Babak pertama

Bertindak sebagai tuan rumah, Persipura langsung tampil menekan. Bahkan, mereka mampu langsung melesakkan gol ketika pertandingan baru berjalan tiga menit melalui gol yang dicetak Boakay Foday. Setelah itu, skuat yang dilatih Jacksen F Tiago ini terus mengurung pertahanan tim tamu.

Namun begitu, Yangon juga mencoba sesekali memberikan tekanan ke lini pertahanan tim asal Papua. Kecepatan Kyaw Ko Ko beberapa kali merepotkan lini belakang Persipura. Beruntung, Bio Paulin dan kawan-kawan masih sigap dalam membaca arah serangan tim asal Myanmar tersebut.

Bahkan, Persipura berhasil menggandakan keunggulan pada menit kesepuluh melalui Yustinus Pae. Skor 2-0 untuk tim tuan rumah. Tertinggal dua gol, tak lantas membuat skuat yang dilatih Eric Williams itu patah arang.

Secara perlahan, Yangon mencoba bangkit. Hasilnya, Cezar Augusto Hermenegildo berhasil memperkecil kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-17. Sontak, gol tersebut semakin menambah semangat Khin Maung Lwin dan kawan-kawan.

Empat menit berselang, Yangon akhirnya mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Adalah Kyaw Ko Ko yang berhasil merobek jala Persipura yang dikawal Yoo Jae Hoon.  

Tak ingin tim tamu semakin bangkit, Persipura kembali mencoba mengendalikan permainan. Boaz Solossa dan kawan-kawan kembali unggul pada menit ke-23 melalui gol yang dilesakkan Foday. Kabes memperbesar keunggulan menjadi 4-2 lewat tendangan penalti di menit ke-28. Dua gol lagi mampu disarangkan Foday pada menit ke-41 dan 43. Skor 6-2 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua

Kendati sudah unggul tiga gol, Persipura tak mau lengah. Permainan menyerang terus mereka tampilkan di hadapan pendukung sendiri. Tim yang melakoni debut di AFC Cup pada 2011 ini kembali mencetak gol melalui Ian Kabes di menit 53.

Tak mau ketinggalan, Titus Bonai juga ikut menyumbang gol empat menit kemudian. Skor 8-2 membuat tim tamu semakin terpuruk. Yangon pun terlihat sulit keluar dari tekanan demi tekanan yang dilancarkan Persipura.

Seakan tak puas, Foday kembali menorehkan gol kelimanya di laga ini pada menit ke-87. Skor 9-2 bertahan hingga laga usai. Sementara itu, untuk pengundian babak perempat-final baru akan dilakukan pada 28 Mei mendatang. (goal.com)

No comments:

Post a Comment

Get this Widget