Get this Widget

Saturday 19 October 2013

Jacksen Akan Dicopot Dari Jabatan Pelatih Timnas

Jacksen F Tiago akan Dicopot dari Jabatan Pelatih Skuad Garuda Senior

Persiapan Timnas Senior di tiga laga sisa Pra Piala Asia 2015 terancam terganggu. PSSI berencana mencopot Jacksen Ferreira Tiago (JFT) sebagai nakhoda Skuad Garuda. PSSI akan mengganti Jacksen sebagai pelatih Timnas Senior Indonesia selepas melawan Irak dalam laga lanjutan Pra Piala Asia 2015 di Grup C di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 November mendatang.
Jacksen akan dilepas setelah laga melawan Irak di Pra Piala Asia 2015 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 19 November mendatang. Menyikapi masalah ini, pengamat sepak bola Danurwindo (62) menyatakan, pergantian pelatih otomatis mengubah style of play atau gaya permainan dalam tim. Pelatih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan pemain, begitu juga sebaliknya.
Proses adaptasi semakin panjang jika PSSI menunjuk pelatih yang 'buta' kultur dan budaya sepak bola di Indonesia. Tantangan terbesar pelatih baru adalah mempersiapkan tim menuju putaran final Piala AFF di Singapura serta Vietnam tahun depan.
"Pelatih baru yang pasti, akan punya gaya main yang berbeda dengan pelatih sebelumnya. Itu kan perlu adaptasi waktu. Menunjuk pelatih tim nasional pun dengan segala pertimbangan. Saya nggak ngerti alasan ditunjuk Jacksen. Apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek," ujar Danurwindo kepada Berita Kota Super Ball di Jakarta, Jumat (18/10).
"Normalnya, pergantian secepat ini nggak bisa dilakukan. Penunjukkan timnas harus panjang ke depan. Tapi bisa saja berhenti di tengah jalan apabila di kontraknya tercantum klausul tersebut," tambah Danurwindo, mantan pelatih Timnas Indonesia di putaran final Piala Asia 1996 itu.
Sekjen PSSI Joko Driyono menjelaskan, selain Jacksen, PSSI juga mencari nama baru untuk menangani Timnas U-23. Posisi Rahmad Darmawan bakal digantikan setelah mengawal Garuda Muda pada SEA Games, 1 hingga 21 Desember 2013.
RD, panggilan Rahmad Darmawan, ditengarai bakal melatih Persebaya Surabaya di Liga Super Indonesia (LSI) musim depan setelah melompat dari Arema Indonesia. Sedangkan Jacksen dikaitkan hijrah ke China.
"Kami nggak halangi melakukan perikatan dengan klub. Tapi efektif mereka bekerja di klub masing-masing setelah tugasnya selesai. Rahmad Darmawan setelah SEA Games dan Jacksen setelah tanggal 19 November," tutur Joko.
Mengenai calon pengganti, PSSI akan melakukan finalisasi nama setelah dua even rampung. (Berita Kota Super Ball/Eko Priyono)

No comments:

Post a Comment

Get this Widget