Get this Widget

Monday 28 October 2013

Format 2 Wilayah Akan Kembali Diterapkan PSSI



Wacana dua wilayah bagi kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2013-2014, besar kemungkinan bakal terealisasi. Hanya saja, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono, mengungkapkan jika jumlah peserta belum dipastikan sebanyak 22 tim (18 klub ISL dan 4 klub asal kompetisi IPL).

"Sebab, belum tentu semuanya (22 klub) bisa lolos verifikasi. Tapi kalau ke-22 klub lolos verifikasi, opsi dua wilayah akan diterapkan," katanya.

Dari musim 1994-95 hingga 2004-05, bentuk Liga Indonesia berubah hampir setiap tahun. Untuk beberapa musim, Divisi Utama sebagai liga tingkat teratas dibagi menjadi dua wilayah dan juga pernah dibagi menjadi tiga wilayah. Jumlah klub di tingkat teratas bervariasi antara 18-36, dan musim berlangsung antara 34-70 pertandingan. Empat klub teratas di setiap wilayah memenuhi syarat untuk mengikuti babak delapan Besar untuk menentukan juara.

Selama musim 2004-05, tingkat teratas Divisi Utama Liga Indonesia terdiri dari 18 klub dan berlangsung dalam 34 pertandingan dalam satu musim dan setiap klub bermain secara kandang dan tandang. Tiga tim di tingkat terbawah terdegradasi ke Divisi Satu, tingkat kedua dari sistem liga Indonesia, sedangkan tiga tim dari Divisi Satu yang memenangkan promosi menggantikan mereka. Dua tim di tingkat teratas Divisi Utama berhak lolos ke Liga Champions AFC.

Pada tahun 2008 PSSI membuat Liga Super Indonesia (ISL) sebagai tingkat liga tingkat teratas yang baru. Oleh karena itu, Divisi Utama kemudian diturunkan ke tingkat kedua dan juga divisi-divisi dibawahnya. Liga baru ini diciptakan untuk memperkenalkan sistem profesional penuh dalam sepak bola Indonesia.

Semenjak Liga Profesional diterapkan pada Liga Indonesia tahun 2008, Persipura Jayapura keluar sebagai Juara pertama kali, tim ini kemudian mendominasi gelar Juara, terhitung sudah tiga kali Persipura meraih Juara yaitu pada musim 2008/09, 2010/11 dan terakhir musim 2012/13, terhitung baru 3 tim yang pernah merasakan gelar juara Liga Super Indonesia yaitu Persipura (3 kali), Arema (1 Kali) & Sriwijaya FC (1 kali).

No comments:

Post a Comment

Get this Widget