Get this Widget

Monday 16 September 2013

Tim Promosi Harus Penuhi 5 Aspek Verifikasi

Perseru Serui

Kompetisi Divisi Utama di bawah pengelolaan PT Liga Indonesia telah berakhir. Sejumlah tiga klub telah memastikan promosi ke kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) musim 2013-14, yakni Persebaya Surabaya, Perseru Serui, dan Persik Kediri.
Sebelum berpartisipasi di kasta tertinggi sepak bola Indonesia, PT LI akan melakukan verifikasi. CEO PT LI, Joko Driyonomengatakan, verifikasi tidak hanya dilakukan kepada klub Divisi Utama yang promosi ke ISL, tapi tim ISL dan tim dari IPL. 

“Proses verifikasi akan dilakukan pada bulan November. Lima aspek harus dipenuhi,” tutur CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, Senin (16/9).
Verifikasi meliputi, finansial, legal atau hukum, administrasi, infrastruktur, dan pembinaan usia muda. Kelima syarat itu harus dipenuhi, mengingat syarat-syarat itu telah ditentukan oleh FIFA maupun AFC sebagai ketentuan sebuah klub dapat dikatakan klub profesional.
Pria yang juga merangkap jabatan sebagai Sekretaris Jenderal PSSI itu mengaku, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan klub-klub promosi dan empat klub LPI saat berpartisipasi di kompetisi LSI musim depan.
“Jadi, kami mengharapkan ke tim promosi. Bukan pekerjaan mudah untuk mengarungi ISL dengan peserta yang berjumlah 22 klub,” katanya.
Keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 17 Maret 2013 memutuskan bahwa format unifikasi liga yang akan digunakan LSI yang diajukan PT Liga Indonesia.
Berdasarkan konsep penyatuan liga yang diajukan oleh PT LI, bahwa kompetisi yang diakui sebagai kasta tertinggi oleh PSSI adalah LSI, di mana jumlah pesertanya pada tahun 2014 nanti berjumlah 22 klub yang terdiri dari 18 klub LSI dan 4 klub LPI.(tribun)

No comments:

Post a Comment

Get this Widget